6 Jenis Diet yang Jadi Tren Gaya Hidup

Menjalani diet sehat memang tidak mudah. Tapi jika Anda ingin menurunkan berat badan, tak perlu menjalani diet ekstrim yang justru membahayakan kesehatan. Untuk bisa tampil cantik dan sehat dengan tubuh langsing, Anda juga tak perlu mengeluarkan biaya yang mahal.

Ada beberapa jenis diet hemat yang kini jadi trend. Selain membuat tubuh semakin sehat dan bermanfaat untuk menjaga berat badan, diet ini juga cukup menyenangkan saat dilakukan. Apa saja diet sehat yang sedang ramai saat ini? Berikut ulasan selangkapnya dari tipsdietku.com.diet yang jadi trend gaya hidup

1. Diet karbohidrat

Diet karbohidrat sedang menjadi trend saat ini. Sebab karbohidrat, yang berasal dari nasi dinilai sebagai penyumbang kalori paling besar bagi tubuh. Oleh karena itu, jika Anda sedang menjalani diet sehat bisa memilih diet karbohidrat.  Cobalah untuk mengganti nasi dan gandum menjadi beras merah, sayuran dan buah-buahan. Dengan cara ini, berat badan bisa turun lebih cepat.

Namun menurut para ahli, menjalani diet karbohidrat ini hanya baik untuk jangka pendek, dalam  jangka panjang diet karbohidrat bisa menganggu sistem metabolisme akibat tubuh kekurangan energi yang berasal dari karbohidrat.

2. Diet teh hijau

Anda yang suka minum teh, bisa menggunakan teh hijau untuk diet. Manfaat teh hijau untuk diet sudah dikenal sejak lama untuk mengurangi berat badan. Orang di Jepang sudah sejak lama minum teh hijau setiap harinya. Jadi tidak heran jika bentuk tubuh orang Jepang banyak yang ramping. Mengonsumsi teh hijau secara teratur bisa mengurangi nafsu makan sehingga efektif menjaga berat badan. Minuman antioksidan ini juga mengandung kafein, sehingga diyakini dapat membantu membakar kalori tubuh.

Jika tidak menyukai rasa teh hijau yang cenderung pahit, bisa juga tambahkan jeruk nipis. Dengan jeruk nipis, maka rasa teh hijau akan lebih segar. Kandungan asam sitrat yang terdapat pada jeruk nipis juga bisa membantu sistem pencernaan, mengurangi lemak, membuang toksin dan membuat metabolisme tubuh semakin meningkat.

3. Diet mayo

Diet mayo sedang menjadi trend saat ini. Diet garam atau diet mayo ini merupakan program diet yang paling disarankan. Ketika menjalani diet ini, Anda tidak boleh mengonsumsi makanan asin dan minum es.

Ketika menjalani diet mayo, Anda juga punya menu khusus yang harus dipatuhi untuk keberhasilan diet. Diet mayo biasanya dilakukan selama 13hari, jika Anda mematihi aturan yang ada, maka berat badan bisa berkurang antara 7 hingga 8 kg. Harap diingat, setelah 13 hari menjalani diet mayo jangan langsung makan secara berlebihan, tetap jalani pola hidup sehat dan makan dengan porsi cukup agar program diet yang dijalani tidak sia-sia.

4. Diet rendah lemak

Diet ini artinya Anda tak diijinkan konsumsi makanan yang memiliki kandungan lemak. Jika Anda menjalani diet rendah lemak, mengonsumsi roti, gula dan biji-bijian atau makanan yang mengandung lemak jenuh, seperti gorengan sangat dilarang.

Tapi, Anda sangat disarankan untuk mengonsumsi kacang-kacangan maupun ikan. Anda juiga bisa memilih makanan sehat yang rendah lemak seperti tahu, kentang pangang, pasta gandum serta madu.

5. Diet gluten

Gluten free atau disebut diet gluten masih jadi favorit pelaku diet saat ini. Diyakini dengan menjalani diet gluten bisa membantu menurunkan berat badan berlebih dengan cara menghindari makanan yang memiliki protein pada tepung dan gandum.

Ketika menjalani diet gluten, Anda dipaksa agar tidak megonsumsi makanan seperti roti, kue, biskuit, sereal, pizza dan sebagainya. Anda harus beralih mengonsumsi makanan sehat seperti salad maupun jus buah dan sayuran.

6. Puasa

Cara sehat untuk menurunkan berat badan juga bisa dilakukan dengan berpuasa. Untuk umat Muslim, bisa dengan menalani puasa sunnah sesuai anjuran agama. Cara ini efektif untuk membentuk tubuh ideal karena mengatur pola makan kita menjadi lebih baik.

Itulah beberapa jenis diet yang menjadi trend gaya hidup saat ini. Anda pilih yang mana?

Tags: cara diet sehat diet karbohidrat pola hidup saat diet

Leave a reply "6 Jenis Diet yang Jadi Tren Gaya Hidup"