Bahaya Obesitas dan Cara Mengatasinya

Akhir-akhir ini begitu banyak orang yang memiliki berat badan berlebih. Kegemukan atau obesitas biasanya terjadi akibat gaya hidup yang tidak sehat di era modern seperti ini. Diantaranya yaitu konsumsi makanan cepat saji dan mie instant menjadi penyebab obesitas yang sering terjadi namun tidak disadari. Bahaya obesitas bukan hanya mempengaruhi berat badan, tetapi juga dapat menimbulkan masalah kesehatan dan memicu berbagai penyakit dalam tubuh.bahaya obesitas

Kegemukan atau obesitas merupakan kondisi medis berupa kelebihan lemak pada tubuh tubuh yang terakumulasi sedemikian rupa sehingga menimbulkan dampak merugikan bagi kesehatan. Kemudian, bahaya akibat obesitas ini mampu menurunkan harapan hidup dan meningkatkan masalah kesehatan. Beberapa penyakit yang bisa timbul akibat obesitas antara lain diabetes tipe 2, penyakit jantung, osteoartritis, apnea tidur obstruktif, kanker dan asma. Obesitas saat ini terjadi di seluruh belahan dunia yang menjadi masalah besar. Bahkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengungkap bahwa obesitas merupakan epidemik global.

Bahaya akibat obesitas

Sebelum membahas lebih lanjut tentang bahaya obesitas dan cara mengatasinya, marilah kita ketahui terlebih dahulu jenis-jenis obesitas dan penyebab obesitas.

Obesitas dapat digolongkan menjadi tiga golongan, yaitu obesitas ringan, obesitas sedang dan obesitas berat.

  • Jika kelebihan berat badan yang terjadi antara 20% sampai 40% masuk dalam kategori obesitas ringan
  • Jika kelebihan berat badan yang terjadi antara 41% sampai 100% masuk dalam kategori obesitas sedang
  • Jika kelebihan berat badan yang terjadi melebihi 100% masuk dalam kategori obesitas berat

Penyebab obesitas

Ada tiga faktor umum penyebab obesitas yaitu faktor genetik, faktor lingkungan dan faktor penyakit.

Genetik:

Faktor genetik sangat berpengaruh terhadap berat badan seseorang. Orang dengan keturunan obesitas memiliki resiko 25% sampai 30% untuk mengalami kegemukan. Obesitas memang memiliki kecenderungan untuk diturunkan, namun gaya hidup juga berpengaruh terhadap terjadinya obesitas. Oleh karenanya, sering sulit membedakan obesitas terjadi akibat keturunan atau karena gaya hidup.

Lingkungan:

Selain faktor keturunan, lingkungan juga bisa menjadi pemicu obesitas yang umum terjadi. Misalnya akibat maraknya makanan cepat saji, konsumsi mie instant yang terlalu sering akibat iklan yang ditayangkan di televisi, kurang aktivitas fisik dan berbagai gaya hidup tidak sehat yang lain. Seseorang tentu tidak dapat merubah genetiknya untuk mencegah obesitas, tapi dengan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat dan menghindari penyebab kegemukan maka ia dapat terhindar dari obesitas.

Penyakit:

Penyakit yang dapat menjadi penyebab kegemukan yaitu hipotiroidisme. Ini merupakan kondisi kelainan hipotalamus yang mengakibatkan perubahan keseimbangan hormon dalam tubuh sehingga memicu penimbunan lemak pada tubuh.

Penyakit yang terjadi akibat obesitas

Jangan pernah sepelekan obesitas, sebab kelebihan berat badan dapat menimbulkan beberapa penyakit berbahaya. Inilah beberapa penyakit yang bisa terjadi akibat obesitas.

Gagal jantung

Resiko gagal jantung bisa saja terjadi akibat berat badan yang berlebih. Hal ini karena jantung orang obesitas bekerja lebih keras untuk memompa aliran darah ke seluruh tubuh.

Hipertensi

Lemak yang menumpuk pada pembuluh darah akan menyebabkan pembuluh darah menjadi sempit. Oleh karena itu orang dengan obesitas memiliki resiko terkena penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Masalah kulit

Bahaya obesitas juga dapat menyebabkan penyakit kulit. Orang obesitas memiliki permukaan tubuh yang lebih sempit dibanding berat badan, akibatnya panas tubuh tidak dapat dibuang dengan baik. Hal ini akan mengakibatkan kulit mengeluarkan banyak keringat. Jika kulit terlalu sering berkeringat, maka rentan terkena penyakit kulit. Apalagi jika tidak rajin membersihkan kulit.

Stroke

Obesitas dapat memicu stroke pada fase tertentu. Ini dikarenakan menumpuknya lemak pada jaringan otak.

Cara mengatasi obesitas

Resiko obesitas cukup berbahaya bukan? Namun jangan takut, asalkan ada niat untuk merubah segalanya. Anda juga bisa terbebas dari kegemukan. Jika sebelumnya Anda melakoni gaya hidup yang tidak sehat, maka mulai sekarang ubahlah kebiasaan tersebut. Mulailah untuk menjalani olahraga, mengontrol pola makan dan perbanyak minum air putih.Hindari juga kegiatan bermalas-malasan seperti duduk yerlalu lama di depan televisi. Untuk mengatasi berat badan Anda yang berlebih, silakan simak pada artikel Cara Menurunkan Berat Badan.

Semoga ulasan seputar bahaya obesitas dan cara mengatasinya dari tipsdietku.com dapat bermanfaat bagi Anda. Simak berbagai ulasan menarik lain seputar diet di situs ini.

Tags: bahaya obesitas faktor penyebab obesitas

Leave a reply "Bahaya Obesitas dan Cara Mengatasinya"