Inilah Bahaya Obesitas Pada Anak

Bagi orang tua, melihat anak yang gemuk dan chubbi bisa jadi hal yang menyenangkan. Anak yang gemuk dan montok memang akan terlihat lebih lucu sehingga seringkali membuat kita gemes. Tapi bagaimana jadinya jika anak terlalu gemuk dan mengalami obesitas?bahaya obesitas pada anak

Obesitas pada anak dapat disebabkan karena faktor keturunan. Terutama untuk orang tua yang mengalami diabetes, maka anak-anaknya dapat beresiko mengalami obesitas pada usia yang masih cukup muda. Selain karena faktor keturunan, penyebab obesitas pada anak yaitu karena pola makan yang salah, kurang aktifitas fisik dan istirahat yang tidak teratur. Banyak anak yang mengalami obesitas akibat pola makan dengan porsi yang berlebih dan pilihan makanan yang terlalu banyak karbohidrat serta lemak.

Sebaiknya orang tua memperhatikan resiko yang terjadi akibat obesitas pada anak. Jika tubuh anak kegemukan, maka anak akan kesulitan bergerak sehingga menjadi kurang aktif. Selain itu, obesitas yang terjadi pada anak-anak juga dapat menimulkan resiko yang lebh berhahaya. Apa saja bahayanya?

Bahaya obesitas pada anak

  • Kecanduan banyak makan

Akibat terbiasa makan dengan porsi yang banyak, maka anak yang mengalami obesitas akan terbiasa sampe Ia dewasa nanti. Akibatnya jika makan kurang dari porsi yang biasanya maka perut akan terus lapar sampai porsinya tercukupi. Dan hasilnya bisa Anda tebak, tubuh akan dipenuhi timbunan lemak akibat kecanduan makan tersebut.

  • Mempengaruhi sistem imun

Sistem imun pada anak dapat berubah akibat obesitas yang dialaminya. Perubahan sistem imun pada anak yang mengalami obesitas dapat meningkatkan resiko inflamasi kemudian mempengaruhi otak dan menghancurkan beberapa bagian penting. Akibat dari hal tersebut, suasana hati anak akan mudah berubah dan semakin susah untuk menghentikan kebiasaan makan yang berlebih.

  • Stress dan demensia

Bahay obesitas pada anak dapat menyebabkan stress dan demensia otak. Inflamasi yang dipengaruhi karena obesitas akan menyebabkan anak menjadi mudah stress karena faktor pikiran dan tubuh  yang melemah. Timbulnya lemak yang berlebihan pada bagian tubuh dapat berpengaruh pada otak dan membuat otak semakin menciut. Akibatnya obesitas akan beresiko mengalami demensia otak pada anak.

  • Gangguan pernapasan

Salahsatu bahaya obesitas yang terjadi pada anak dan dapat membuatnya tersiksa yaitu terjadinya gangguan pernapasan. Jadi tidak heran jika orang yang bertubuh gemuk akan mudah sekali mendengkur ketika tidur. Anak yang bertubuh gemuk dan obesitas juga akan lebih mudah lemas dan ngantuk pada siang hari meskipun sudah tidur cukup pada malam harinya.

Bahaya obesitas pada anak sebenarnya dapat dicegah jika orang tua mengajarinya hidup disiplin dan mengatur pola makan seimbang. Dan jangan lupa untuk memberikan makanan yang sehat dengan porsi yang wajar.

Tags: bahaya obesitas faktor penyebab obesitas

  1. author

    Download Aplikasi BBM for PC apk3 tahun agoReply

    Kira-kira kalau berat maksimum pada anak umur 2 tahun itu berapa ya?

Leave a reply "Inilah Bahaya Obesitas Pada Anak"