Kebiasaan Makan Malam yang Membuat Tubuh Gemuk

Kebiasaan makan malam yang salah akan berpengaruh terhadap berat badan Anda. Makan malam dengan cara yang tidak tepat, akan membuat tubuh Anda semakin gemuk akibat lemak yang terus ditimbun pada tubuh. Jika Anda sedang menjalani diet untuk menurunkan berat badan atau hanya sekedar menerapkan gaya hidup sehat, maka Anda patut memperhatikan kebiasaan yang dilakukan ketika makan malam.makan malam bikin gemuk

Sebenarnya tidak ada yang salah dengan makan malam terhadap penambahan berat badan. Hanya saja, Anda harus mengetahui batasan-batasannya agar bisa menikmati makan malam tanpa harus beresiko menjadi gendut.

Ini dia hal yang harus dihindari ketika makan malam:

Makan sebelum tidur

Makan malam sebelum tidur akan membuat tubuh semakin gemuk. Tidur memiliki fungsi yang penting terhadap fungsi metabolisme,  keseimbangan hormon, aliran gula darah, dan stamina energi Anda. Jika tepat sebelum tidur Anda baru makan malam, maka Anda bisa saja mengalami susah tidur. Kalaupun bisa tidur, maka kualitas tidur yang didapat juga kurang baik. Anda juga harus memperhatikan menu yang dikonsumsi ketika makan malam. Makan besar yang dilakukan ketika akan tidur membuat tubuh kesulitan untuk mencernanya. Kelebihan makanan yang tidak dapat dicerna diubah menjadi asam lemak sehingga membuat berat badan semakin naik.

Mengonsumsi kafein

Minum minuman bersoda atau kopi setelah makan di malam hari bisa membuat kualitas tidur Anda rusak. Kopi dan soda bukanlah minuman yang baik diminum jika Anda sedang menjalani diet penurunan berat badan untuk dikonsumsi ketika makan malam. Namun di sisi lain, mengonsumsi kopi di siang hari dapat membantu menurunkan berat badan berdasarkan penelitian yang telah dilakukan.

Terlalu banyak karbohidrat

Jika Anda mengonsumsi terlalu banyak karbohidrat ketika makan malam, maka gula darah juga akan meningkat tajam. Maka akibatnya berpengaruh terhadap penambahan berat badan. Sebaiknya jangan makan terlalu kenyang ketika makan malam, terlebih jika makanannya terlalu banyak karbohidrat.

Makan sambil menonton televisi

Hindari makan malam sambil menonton televisi. Jika Anda makan malam sambil nonton, maka mata akan terpusat pada televisi, bukan pada makanan. Akibatnya Anda bisa tanpa sadar makan terlalu banyak padahal sudah kenyang.

Mengonsumsi minuman keras

Minum-minuman keras yang dikonsumsi dapat menghilangkan hormon kenyang dan membuat Anda merasa terus lapar. Akibatnya Anda pasti sudah tau bukan? Anda akan terus makan karena perut tidak merasa kenyang sehingga membuat timbunan lemak di perut dan bagian tubuh lain. Hindari minum-minuman keras jika Anda sedang menjalani diet, terlebih sebelum tidur atau saat makan malam.

Jika Anda merasa lapar pada malam hari, sebaiknya pilih menu makanan sehat yang kaya serat dan tidak terlalu membuat Anda kenyang. Anda dapat memilih buah atau sayur untuk dikonsumsi pada malam hari. Makanlah dengan pelan agar Anda tahu saat yang tepat untuk berhenti ketika sudah kenyang.

Tags: makan malam makanan orang diet

Leave a reply "Kebiasaan Makan Malam yang Membuat Tubuh Gemuk"