Kenali Penyebab Gatal-Gatal Pada Kulit dan Cara Mengatasinya

Sudah menjadi hal yang yang wajib dilakukan bagi setiap orang untuk selalu menjaga kesehatan tubuh. Kesehatan bisa berupa menjaga kesehatan dari dalam maupun kesehatan di luar tubuh. Salah satu hal yang sering di lupakan dalam menjaga kebersihan di luar tubuh yaitu dengan menjaga kesehatan kulit. Kulit sendiri merupakan bagian tubuh yang berguna untuk melindungi bagian penting dalam tubuh. Selain itu, kulit juga berperan penting sebagai indra peraba yang bisa merasakan dingin dan panas.

gatal-gatal-pada-kulit

Bicara mengenai kulit tentu semua orang mengalami gatal-gatal pada kulit yang biasanya di sebabkan oleh banyak hal. Tak sedikit dari mereka yang mengalami gatal namun tidak mengetahui secara pasti penyebab gatal tersebut. Padahal, dengan mengetahui penyebab gatal-gatal pada kulit akan dapat mempermudah anda untuk mengatasi dan mencegah gatal tersebut datang kembali. Berikut beberapa penyebab gatal-gatal pada kulit yang mungkin terjadi pada kulit anda.

  • Alergi atau Iritasi

Ketika kulit terkena wol, sabun, bahan kimia dan zat lain yang bisa membuat iritasi kulit karena bahan-bahan tersebut dapat membuat gatal-gatal pada kulit pada kondisi kulit tertentu. Reaksi kimia yang biasa di timbulkan oleh bahan kimia yaitu adanya pemakaian kosmetik berbahan merkuri. Tak hanya itu, alergi terhadap makanan juga bisa dijadikan penyebab gatal-gatal pada kulit.

  • Kulit Kering

Penyebab gatal-gatal pada kulit yang selanjutnya yaitu adanya kulit gatal yang disertai dengan perubahan kulit lainnya yang diakibatkan adanya kulit sering atau xerois. Biasanya, kulit kering di pengaruhi oleh lingkungan seperti cuaca yang dingin maupun panas, penggunaan Ac dan melakukan aktivitas di dalam air terlalu sering.

  • Penyakit Kulit

Jika anda mempunyai riwayat penyakit kulit seperti eksim, kudis, cacar air, kudis, psoriasis, biduran dan panu juga merupakan hal yang bisa menyebabkan gatal-gatal pada kulit. Pada kasus ini biasanya gatal di pengaruhi oleh daerah tertentu yang juga di tandai dengan gejala lain seperti kulit memerah, ruam, benjolan dan lecet.

  • Kehamilan

Terdapat beberapa wanita yang mengalami gatal-gatal pada kulit selama proses kehamilan, terutama pada bagian payudara, lengan paha dan perut. Jika sebelum hamil anda memiliki riwayat penyakit kulit seperti dermatitis, maka kondisinya bisa lebih parah selama kehamilan.

  • Gangguan Saraf

Seseorang yang mempunyai gangguan pada sarafnya juga sering mengalami gatal pada bagian tertentu. Penyakit saraf tersebut antara lain diabetes mellitus, multiple sclerosis, saraf terjepit dan herpes zoster.

Leave a reply "Kenali Penyebab Gatal-Gatal Pada Kulit dan Cara Mengatasinya"