Kurang Tidur Pengaruhi Berat Badan, Ini Alasannya!

Jika program diet yang Anda jalani belum juga berhasil untuk menurunkan berat badan, ada baiknya untuk memeriksa pola tidur Anda. Sebab berdasarkan penelitian, kebiasaan tidur yang buruk dapat berpengaruh terhadap naik atau turunnya berat badan seseorang. Meskipun banyak orang menganggap bahwa kurang tidur bisa sebabkan badan kurus, namun kenyataan berkata sebaliknya. Orang yang banyak begadang justru memiliki kemungkinan memiliki tubuh gemuk.

Apakah benar kebiasaan tidur pengaruhi berat badan? Ini dia alasannya

Alasan tidur pengaruhi berat badankurang tidur membuat gemuk

  • Kurang tidur penyebab naiknya berat badan

Jika seseorang mendapatkan waktu tidur yang kurang, maka akan berpengaruh pada meningkatnya hormon kortisol dalam darah. Akibatnya Anda terus merasa lapar dan berkeinginan untuk selalu mengonsumsi makanan. Inilah penyebab orang yang banyak begadang akan mengalami kenaikan berat badan.

  • Tidur merupakan pengendali nafsu makan

Berdasarkan studi, orang yang memiliki sistem metabolisme lambat dan berat badan berlebih akan mengalami masalah dengan tidur. Hormon ghrelin dalam berperan sebagai pemberi tahu kapan saatnya makan dan hormon leptin yang bertugas sebagai pengontrol nafsu makan akan mengalami kekacauan jika seseorang sulit tidur. Oleh karenanya, perbaikilah siklus tidur Anda agar hormon-hormon tersebut berfungsi secara normal.

  • Kurang tidur akan sebabkan ketergantungan

Ketergantungan pada apa? Kurang tidur akan menyebabkan kita ketergantungan pada kafein atau minuman energi untuk mengusir rasa kantuk. Ini merupakan hal yang buruk, sebab minuman tersebut memiliki kandungan kalori dan gula yang amat tinggi sehingga menyebabkan berat badan terus bertambah. Orang yang kurang tidur akan merasa lemas seperti kekurangan energi sehingga ingin terus makan.

  • Kurang tidur sebabkan malas

Jika Anda memiliki waktu yang kurang, rasa lelah dan malas seringkali menghinggapi. Jika seperti ini, biasanya orang akan mencari camilan dan makanan cepat saji sebagai pendongkrak semangat. Padahal, camilan yang tidak sehat dan makanan cepat saji merupakan penyebab berat badan naik.

  • Kurang tidur menyebabkan metabolisme lambat

Metabolisme tubuh berkaitan erat dengan berat badan seseorang. Dengan metabolisme yang lambat, maka proses pembakaran lemak pada tubuh akan melambat pula. Akibatnya kenaikan berat badan tak bisa dihindari. Metabolisme yang baik dipengaruhi oleh pola tidur yang baik. Oleh karenanya biasakan tidur yang cukup agar metabolisme berjalan lancar.

Itulah alasan kurang tidur akan berpengaruh terhadap kenaikan berat badan. Tingkatkan kualitas tidur Anda sebaik mungkin, dengan tidur yang cukup dan berkualitas Anda akan terhindar dari kenaikan berat badan yang tak terkendali.

Tags: faktor penyebab obesitas penyebab gagal diet

Leave a reply "Kurang Tidur Pengaruhi Berat Badan, Ini Alasannya!"