Nutrisi Beras Merah untuk Kesehatan dan Diet

Secara umum nasi dari beras putih memang cukup baik untuk kesehatan. Sebab nasi merupakan sumber karbohidrat kompleks, vitamin B, asam amino, dan serat yang baik. Serat dan karbohidrat kompleks memiliki peranan yang penting untuk diet karena dapat membuat rasa kenyang lebih lama. Sebenarnya, beras dari hasil proses tradisional justru memiliki nutrisi yang lebih baik. Ini karena beras yang diproses dengan cara tradisional tidak menghilangkan lapisan dedak yang merupakan bagian dengan kandungan serat dan vitamin B yang amat tinggi.

manfaat beras merah

beras merah

Beras merah dan beras putih memiliki beberapa perbedaan.  Secara kasat mata, keduanya bisa dibedakan dari warnanya di mana beras merah memiliki warna yang agak gelap kecoklatan. Meskipun keduanya berasal dari satu varietas, namun beras merah memiliki harga yang lebih tinggi dibanding beras putih karena berasal dari jenis padi yang jarang dibudidayakan.

Beras merah kurang lumrah untuk dikonsumsi sehari-hari, sebab beras merah membutuhkan waktu yang lebih lama dalam memasak. Selain itu, nasi dari beras merah juga lebih pera/keras dibanding nasi putih. Meski demikian, manfaat beras merah lebih unggul dari beras putih. Beras yang berwarna merah mengandung zat yang dikenal dengan sebutan antosianin yaitu senyawa yang ada pada lapisan merah beras ini. Senyawa ini bermanfaat sebagai zat antikanker, antioksidan, anti glisemik tinggi yang baik untuk diabates serta anti hipertensi.

Beras merah untuk diet dan kesehatan

Mencegah penyakit jantung

Dalam beras merah mengandung serat yang tinggi. Mengonsumsi beras merah pada menu diet Anda dapat menawarkan perlindungan terhadap penyakit kardiovaskular. Beras ini juga mengandung  fitonutrisi yang disebut lignan, zat ini dipercaya dapat menghambat pertumbuhan sel kanker.

Mencegah sembelit

Jenis beras ini cukup banyak mengandung serat larut, jadi sangat bermanfaat untuk pencernaan dan melancarkan BAB. Serat larut akan banyak memberikan cairan ke usus, ini akan membuat gerakan usus lebih halus dan berguna mencegah sembelit.

Mengontrol kadar gula darah

Serat dalam beras merah membuat karbohidrat lebih lambat dicerna. Ini berarti akan memperlambat zat gula masuk ke dalam aliran darah. Jenis beras merah memiliki indeks glikemik rendah dibanding jenis biji-bijian yang lain.

Menyehatkan sistem syaraf

Mengonsumsi beras merah secara teratur akan membuat sistem syaraf tetap sehat. Ini karena kandungan mangan pada beras merah berperan menghasilkan hormon dan asam lemak yang diperlukan oleh sistem syaraf.

Menjaga berat badan

Manfaat beras merah untuk diet juga sangat baik. Kandungan seratnya akan membuat perut kenyang lebih lama sehingga kita tidak mudah lapar. Dengan begitu, kita akan mampu menghindari cemilan yang tidak sehat ketika menjalani diet. Mengonsumsi beras merah akan membuat berat badan tetap terjaga.

Manfaat beras merah untuk diet dan kesehatan memang begitu berharga. Jadi tak perlu ragu untuk memasukkan nasi merah pada menu diet Anda.

Tags: makanan orang diet

Leave a reply "Nutrisi Beras Merah untuk Kesehatan dan Diet"