Manfaat Jalan Kaki untuk Melangsingkan Tubuh

Manfaat jalan kaki untuk melangsingkan tubuh begitu luar biasa. Berjalan kaki merupakan aktivitas sederhana yang bisa dilakukan setiap orang. Namun dibalik itu, kegiatan ini juga membantu proses penurunan berat badan. Bukan hanya rutinitas harian, jalan kaki juga dapat melatih kardiovaskular sehingga memicu jantung dan membakar banyak kalori dalam tubuh. Selain itu, manfaat jalan kaki juga dapat mencegah terjadinya osteoporosis dan meningkatkan kesehatan tulang serta membantu meringankan stres.

manfaat jalan kaki untuk diet

jalan kaki

Dari begitu banyak manfaatnya, masih saja ada orang yang malas untuk jalan kaki dengan berbagai alasan. Agar berjalan kaki bisa menjadi aktivitas fisik yang menyehatkan dan menjadikan tubuh bugar, ada langkah-langkah yang harus diikuti. Bersama tipsdietku.com, simak ulasan lengkapnya.

Jalan kaki untuk melangsingkan tubuh

Lakukan peregangan

Hal ini mutlak dilakukan agar jalan kaki yang dilakukan lebih efektif untuk membentuk tubuh ideal. Regangkan otot sebelum maupun sesudah jalan kaki, otot seperti otot betis, paha belakang maupun paha depan harus lentur sambil berjalan. Peregangan ini bertujuan untuk mencegah cedera dan memudahkan tubuh bergerak saat jalan kaki. Untuk idealnya, latihan peregangan ini dilakukan sepuluh sampai lima belas menit.

Melatih otot

Latihan beban dapat memperkuat otot betis Anda. Jika otot betis lebih kuat, maka Anda akan terbebas dari cedera saat berjalan dalam waktu lama. Lakukanlah latihan seperti gerakan menekuk lutut, meletakkan beban pada tumit dan squat kuartal. Dengan otot yang kuat, penurunan fungsi sendi juga dapat dicegah.

Jalan cepat

Kecepatan berjalan yang maksimal sangat diperlukan untuk membantu membuat tubuh langsing. Banyak orang yang gagal menurunkan berat badan dengan berjalan karena mereka salah menerapkan tekniknya. Jalan kaki untuk menurunkan berat badan yaitu berjalan cepat dengan intensitas yang tepat, bukan hanya sekadar jalan kaki. Jika mulai terasa lelah saat berjalan, jangan dipaksakan, kurangi kecepatan dan berjalan ringan.

Gaya berjalan yang tepat

Gaya berjalan juga patut diperhatikan agar kegiatan olahraga ini lebih efektif memberikan hasil pada tubuh. Selain itu, gaya berjalan yang tepat juga bermanfaat untuk mencegah cedera saat melakukannya. Berjalan yang benar yaitu saat tumit menyentuh tanah, kemudian diikuti dengan langkah kaki lain sebelum kaki yang satunya meninggalkan tanah. Posisi tubuh harus tegap, jangan membungkuk. Lengan harus berayun bersama mengikuti langkah kaki Anda.

Gunakan sepatu yang pas

Tidak berbeda dengan lari, berjalan juga perlu menggunakan sepatu yang tepat. Sepatu merupakan faktor penting yang menunjang kenyamanan berjalan dan mencegah cedera. Jangan gunakan sepatu yang terlalu kecil atau terlalu besar, jika perlu gunakan sepatu khusus yang dirancang untuk pejalan kaki.

Jalan kaki merupakan olahraga untuk diet yang mudah dilakukan. Asal Anda rajin melakukannya, manfaat jalan kaki untuk melangsingkan tubuh pasti akan terasa.

Tags: olahraga untuk diet

Leave a reply "Manfaat Jalan Kaki untuk Melangsingkan Tubuh"