Manfaat Kentang Merah untuk Diet

Mungkin bagi sebagian orang masih asing dengan nama kentang merah. Pasalnya kentang putih lebih populer dan lebih banyak dikonsumsi dibanding kentang merah. Padahal kentang merah ini juga banyak tumbuh dan dibudidayakan di negara kita. Manfaat kentang merah ini juga tidak kalah baik dibanding kentang putih. Manfaat kentang merah untuk diet juga sangat baik sehingga efektif untuk menurunkan berat badan.

Kandungan gizi kentang merah

manfaat kentang merah untuk diet

kentang merah

Sebelum membahas lebih lanjut tentang manfaat kentang merah, marilah kita menilik terlebih dahulu tentang kandungan nutrisi yang ada di dalamnya.

Kentang merah mengandung natrium dan alkalin

Kentang merah mengandung alkalin dan natrium yang cukup tinggi. Oleh karenanya, kentang merah dapat meningkatkan pH dengan kadar yang terlalu asam di dalam tubuh.

Kentang merah mengandung banyak air

Kandungan air pada kentang merah ini sangat tinggi, yaitu lebih tinggi sekitar 78%  dibanding kentang lain. Dengan kandungan airnya yang tinggi ini, maka kentang merah sangat baik untuk diet dan menurunkan berat badan.

Kentang merah mengandung mineral

Kentang merah mengandung mineral yang sangat baik seperti kalium, zat besi dan fosfor. Kandungan mineral pada kentang merah inilah yang baik untuk pertumbuhan gigi dan tulang. Selain itu, kentang merah juga dapat menyeimbangkan tingkat keasaman atau pH di dalam tubuh dengan kandungan mineralnya tersebut.

Kentang merah mengandung karbohidrat

Kandungan karbohidrat pada kentang merah cukup tinggi, jadi bisa menggantikan nasi ketika Anda diet. Kentang merah juga mengandung protein, niasin dan thiamin yang baik untuk tubuh.

Manfaat kentang merah untuk diet menurunkan berat badan

Seperti yang telah diuraikan di atas, kentang merah merupakan jenis umbi-umbian dengan kandungan karbohidrat yang tinggi. Hal ini dapat menjadikan kentang merah sebagai makanan pengganti nasi ketika diet. Jadi Anda tidak perlu banyak mengonsumsi nasi putih karena Anda sudah merasa kenyang dengan makan kentang merah.

Lebih baiknya lagi, kentang merah ini memiliki kandungan kalori yang lebih rendah dibanding kentang putih. Dalam 100 gram kentang merah diketahui hanya mengandung sebanyak 83 kalori. Oleh karena itu, kentang merah sangat cocok jika dijadikan makanan untuk diet. Bukan hanya itu saja, kentang merah juga dapat menghambat tumbuhnya sel kanker dalam tubuh, serta menetralisir beberapa virus tertentu. Kulitnya yang berwana merah ini memiliki kandungan asam klogenik yang mampu mencegah sel kanker.

Kentang merah juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga dapat melawan radikal bebas di dalam tubuh. Jadi manfaat kentang merah bukan hanya baik untuk diet, tapi juga baik untuk kesehatan tubuh.

Tags: cara diet sehat makanan orang diet

Leave a reply "Manfaat Kentang Merah untuk Diet"