Menurunkan Berat Badan dengan Olahraga Lari

Sebagai olahraga yang banyak digemari orang, ternyata lari bisa menjadi sarana yang tepat untuk menurunkan berat badan. Bukan hanya sebagai aktivitas fisik, lari juga menjadi gaya hidup yang banyak dilakoni masyarakat perkotaan. Oleh karena itu, belakangan ini begitu banyak acara yang menjadikan lari sebagai acara utamanya.cara diet dengan lari

Lari merupakan olahraga yang bisa dilakukan siapa saja dengan biaya yang sangat murah. Tanpa ribet harus menggunakan banyak peralatan. lari bisa dilakukan kapan saja. Selain bermanfaat untuk kesehatan jantung, lari juga bisa menjadi cara menurunkan berat badan yang efektif. Ketika otot kaki melakukan gerakan lari, tubuh membakar banyak kalori yang bermanfaat untuk mengurangi stres dan memperbaiki. Lalu bagaimana cara memaksimalkan olahraga lari agar lebih efektif untuk membantu melangsingkan tubuh? Simak ulasan berikut di tipsdietku.com.

Cara menurunkan berat badan dengan berlari

Pola makan yang sehat

Agar kita dapat memiliki tubuh ideal, makanan yang kita konsumsi mutlak harus diperhatikan. Makan makanan yang tepat juga penting untuk menjaga kesehatan tubuh, apalagi untuk membentuk tubuh ideal. Jika Anda menjauhi daging saat diet, maka Anda perlu mendapatkan asupan nutrisi dari biji-bijian, karbohidrat, buah, sayuran segar dan protein nabati yang cukup.

Memilih sepatu yang tepat

Memilih sepatu yang tepat sangat penting jika Anda akan mulai berlari. Pastikan kenyamanan sepatu yang Anda gunakan. Jangan gunakan sepatu yang terlalu sempit atau terlalu longgar sehingga malah bisa mencederai kaki Anda. Cari info lebih detail mengenai sepatu yang akan Anda beli, jika perlu belilah sepatu khusus berlari. Dengan sepatu yang pas maka olahraga lari bisa semakin nyaman dilakukan dan menyenangkan.

Menetapkan target yang harus dicapai

Buatlah jadwal berlari dan tulis pula target yang akan dicapai. Tambahkan terus target setiap minggunya. Jika Anda disiplin, maka proses untuk memiliki tubuh ideal dan mengecilkan perut buncit akan semakin cepat.

Tetap disiplin

Disiplin merupakan kunci keberhasilan, hal ini juga berlaku pada kegiatan Anda berlari untuk membentuk tubuh bugar. Jangan mengingkari jadwal yang sudah dibuat dari awal, meskipun Anda sedang malas. Sebab jika dibiarkan, rasa malas Anda bisa berkelanjutan dan membuat jadwal berlari Anda berantakan.

Menambahkan intensitas berlari

Setelah Anda rutin melakukan lari sesuai jadwal, tambahkan intensitas berlari Anda. Terus tambahkan jarak yang harus ditempuh tiap waktu, jika saat pertama Anda hanya bisa menempuh jarak 3 km, tambahkan hingga 5 km di hari berikutnya. Jika Anda berlari hanya berada pada zona yang sama, pembakaran kalori dalam tubuh tidak meningkat. Maka sangat penting untuk meningkatkan intensitas Anda dalam berlari.

Pindah lokasi

Jika Anda biasanya hanya berlari di sekitar rumah dengan lokasi yang datar dan lurus, maka gantilah dengan area yang lebih menantang. Jalanan yang menanjak dan berliku atau berbatu dapat membuat Anda semakin tertantang, akibatnya Anda akan lebih enjoy ketika melakukannya. Dengan begini, proses penurunan berat badan dengan berlari semakin maksimal.

Jadikan lari sebagai olahraga yang menyenangkan

Jangan pusing atau stress dengan jadwal yang telah Anda buat. Jadikanlah kegiatan berlari ini sebagai kegiatan yang menyenangkan, Anda bisa mengajak teman atau keluarga untuk ikut bersama. Menikmati berlari akan membuat Anda semakin terhibur dan membuat pikiran tenang.

Cara menurunkan berat badan dengan olahraga lari memang terlihat berat. Namun jika Anda bersungguh-sungguh melakukannya niscaya berat badan akan turun sehingga Anda memiliki tubuh ideal.

Tags: cara menurunkan berat badan olahraga untuk diet

Leave a reply "Menurunkan Berat Badan dengan Olahraga Lari"