Penyakit yang Bisa Terjadi Akibat Kegemukan

Gemuk yang berlebihan atau biasa disebut obesitas dapat membahayakan bagi kesehatan tubuh penderitanya. Obesitas dapat menyebabkan penyakit serius yang dapat mengancam keselamatan pengidapnya sehingga orang obesitas harus segera menurunkan berat badannya. Penyebab obesitas sendiri terjadi akibat pola hidup yang tidak sehat dan jarang beraktifitas fisik. Penyakit yang terjadi pada orang obesitas biasanya berupa serangan jantung, diabetes dan stroke. Selain itu, masih banyak daftar penyakit yang bisa terjadi akibat kelebihan berat badan. Ini dia beberapa diantaranya:

Penyakit Akibat Obesitas, Kelebihan Berat Badanpenyakit akibat obesitas

Nafas pendek

Orang yang mengalami obesitas umumnya susah bernafas akibat timbunan lemak di tubuhnya. Tumpukan lemak yang ada di bagian leher dan dada membuat penderita obesitas mengalami kesulitan saat menghirup atau mengeluarkan nafas. Oleh karena itu orang obesitas nafasnya lebih pendek dan sering merasa lelah.

Penyakit kulit

Obesitas dapat menyebabkan penyakit kulit dan menyebabkan infeksi. Hal ini terjadi karena lipatan lemak yang terdapat di sekujur tubuhnya akan menjadi tempat yang subur untuk berkembang biak bagi bakteri dan jamur. Bakteri dan jamur inilah yang menyebabkan gatal-gatal dan infeksi pada kulit.

Nyeri sendi

Nyeri pada persendian juga merupakan penyakit yang bisa disebabkan akibat obesitas. Nyeri sendi yang terjadi pada orang obesitas biasanya terdapat pada area lutut dan kaki. Hal ini terjadi karena kaki terlalu berat menopang bobot tubuh yang semakin naik.

Stress atau depresi

Orang obesitas rawan terkena stress dan depresi akbat terus memikirkan berat badannya yang terus naik. Apalagi jika penyandang obesitas sering diejek oleh temannya, maka resiko stress dan depresi semakin besar. Bahkan orang yang tidak obesitas juga bisa terkena depresi jika berpikir dirinya gendut.

Mendengkur

Apnea tidur atau mendengkur merupakan penyakit yang disebabkan akibat kelebihan berat badan yang umum terjadi. Orang obesitas tidurnya selalu mendengkur karena jaringan lemak di dalam tubuh berkontribusi.

Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan penyakit yang tidak boleh disepelekan yang rawan terjadi pada orang obesitas. Jika penyakit tekanan darah tinggi tidak segera disembuhkan, maka dapat memicu serangan jantung dadakan dan berakibat fatal hingga kematian.

Tidak teratur datang bulan

Jika wanita mengalami obesitas, maka akan berpengaruh terhadap keseimbangan hormon dalam tubuhnya. Akibat ketidakseimbangan hormon tersebut, wanita menjadi tidak teratur datang bulan atau menstruasi.

Lakoni gaya hidup sehat agar Anda tidak mengalami kelebihan berat badan. Jika Anda merasa gemuk dan ingin memiliki berat badan ideal, selalu baca tips diet sehat di tipsdietku.com untuk mendapat informasi terbaru. Semoga penyakit akibat obesitas di atas tidak terjadi pada Anda.

Tags: bahaya obesitas faktor penyebab obesitas

  1. author

    Fikky Frediandika3 tahun agoReply

    Serangan jantung ini yang paling berbahaya. Yah, semoga saja artikel ini dibaca banyak orang agar mereka mengerti bahaya obesitas.

Leave a reply "Penyakit yang Bisa Terjadi Akibat Kegemukan"