Kebiasaan yang Menyebabkan Nafsu Makan Meningkat

Tanpa disadari, kegiatan sehari-hari yang kita lakukan juga ada yang menjadi penyebab nafsu makan meningkat tajam. Dengan meningkatnya nafsu makan, maka ini akan berpengaruh besar terhadap kenaikan berat badan. Meningkatnya nafsu makan bukan hanya buruk untuk diet Anda, tetapi juga beresiko terhadap kesehatan. Pasalnya ketika nafsu makan melonjak, kita cenderung sembarangan dalam mengonsumsi makanan yang ada. Kebanyakan orang seringkali mengabaikan faktor kesehatan asalkan dapat membuat perut merasa kenyang.penyebab nafsu makan meningkat

Meningkatnya nafsu makan bisa disebabkan karena beberapa hal. Namun kita juga harus lebih teliti, apakah rasa lapar yang kita rasakan itu rasa lapar semu atau rasa lapar yang sebenarnya. Rasa lapar semu yaitu kondisi di mana kita merasa lapar padahal sudah makan. Rasa lapar ini biasanya disebabkan karena godaan seperti mencium aroma makanan atau karena melihat orang yang sedang makan.

Kebiasaan yang membuat nafsu makan meningkat

Begadang

Begadang bukan hanya buruk untuk kesehatan, tapi juga memicu rasa lapar yang membuat nafsu makan semakin menggila. Memang banyak hal yang bisa dilakukan hingga larut malam sehingga banyak orang yang menyukai kegiatan begadang. Akan tetapi kebiasaan tersebut membuat kita menginginkan makan selama kita masih melek. Padahal makan mendekati jam tidur bukanlah hal yang baik untuk kesehatan, terlebih bagi yang sedang menjalani diet.

Makanan berbumbu MSG

Makanan berbumbu MSG memang dapat memanjakan lidah kita karena membuat rasa makanan semakin guruh. Namun nyatanya hal ini dapat membuat kita semakin ketagihan dengan makanan yang dikonsumsi sehingga ingin nambah terus. Hati-hati, konsumsi makanan yang berlebih apalagi yang banyak mengandung lemak akan membuat berat badan Anda melonjak drastis.

Mudah ngambek

Mudah ngambek merupakan penyebab nafsu makan meningkat, hal ini biasanya dialami oleh para wanita. Wanita yang sering ngambek karena masalah cinta maupun pekerjaan cenderung mencari pelampiasan dengan banyak makan. Ngambek memang menyita energi sehingga membuat mudah lapar. Namun buruknya, acara ngambek Anda tidak bisa membakar kalori di tubuh. Buat wanita, jangan suka ngambek yaa kalau tidak ingin berat badannya naik.

Menumis masakan

Pada dasarnya tidak semua makanan yang ditumis itu berbahaya. Namun yang perlu diperhatikan yaitu bagaimana penggunaan margarin ketika memasak. Margarin memang bisa membuat aroma masakan lebih gurih, namun penggunaan margarin bergaram cenderung membuat berat badan naik jika dikonsumsi.

Terjebak rutinitas

Orang dewasa sering kali terjebak dengan rutinitas harian. Lebih parah lagi biasanya pekerjaan yang mereka lakukan cenderung minim gerak dan banyak ngemil. Padahal, tubuh membutuhkan gerak dan olahraga yang cukup untuk membakar kalori di tubuh. Mulai sekarang, jangan terpaku di meja kerja sehingga membuat nafsu makan meningkat dan banyak makan camilan. Luangkan sedikit waktu untuk olahraga.

Sebaiknya Anda lebih bijak agar tidak terjebak dengan kebiasaan yang membuat nafsu makan meningkat. Meningkatnya nafsu makan akan menambah asupan kalori dan lemak pada tubuh sehingga membuat tubuh Anda semakin tambun.

Tags: penyebab nafsu makan meningkat

Leave a reply "Kebiasaan yang Menyebabkan Nafsu Makan Meningkat"