Penyebab Seseorang Kalap dengan Makanan

Ketika Anda sudah berhasil menurunkan berat badan dengan menjaga pola makan yang benar, ada saat di mana Anda ingin mengonsumsi makanan dalam jumlah yang banyak. Jika kebiasaan makan dalam jumlah banyak ini terus berlanjut, bukan tidak mungkin berat badan yang telah turun akan kembali merangkak naik. Maka akan sia-sia saja usaha Anda dalam menjalani diet selama ini.penyebab kalap makan

Penyebab seseorang kalap dengan makanan sehingga banyak makan bisa dipengaruhi olah banyak hal. Oleh karenanya, ini harus dihindari agar berat badan dan tubuh ideal tetap Anda miliki. Sebenarnya apa saja penyebab tersebut? Berikut tipsdietku.com beberkan untuk Anda.

Penyebab makan berlebihan

Bosan

Makan dengan makanan yang dibatasi membuat seseorang bosan saat melakukan diet. Meskipun awalnya hanya mencicipi jenis makanan non diet, namun jadi ketagihan dan kebablasan. Sehingga tanpa disadari, ternyata Anda telah makan dalam jumlah banyak.

Terlalu banyak begadang

Kurang tidur juga bisa menyebabkan seseorang kalap terhadap makanan. Sebab seseorang yang sering begadang akan mengalami gangguan terhadap keseimbangan dua hormon, yaitu leptin dan ghrelin. Ketidakseimbangan hormon leptin dan ghrelin akan menyebabkan Anda makan berlebihan, dan memengaruhi tingkat serotonin dan mengganggu siklus tidur.

Coba-coba

Setelah sukses menurunkan berat badan dalam waktu cukup lama membuat seseorang ingin mencoba makan dalam keadaan bebas. Maka akibatnya akan terjebak dalam keadaan ini dan sulit untuk kembali seperti semula dengan pola makan teratur dan seimbang. Akibatnya akan terbiasa makan sembarangan dan bukan tidak mungkin berat tubuh kembali naik.

Terlalu lelah

Menjalani program diet untuk menurunkan berat badan merupakan komitmen yang berat dan melelahkan. Wajar jika pelaku diet banyak yang tidak tahan. Anda akan merasa lelah menjalani diet sehingga berpikir untuk lebih bebas. Jika Anda kalap makan dan berlebihan, akibatnya diet yang telah dijalani hanya sia-sia. Anda sebenarnya dibebaskan untuk makan apa yang Anda mau, asalkan memilih makanan yang sehat dan baik untuk tubuh.

Stres

Bukan tidak mungkin, suasana hati seseorang juga mempengaruhinya untuk makan lebih banyak. Jika kondisi ini berlangsung terus menerus, orang akan menyalahkan gen dan hormon dalam tubuh. Padahal ini terjadi karena pikiran sedang stres.

Penyebab orang kalap makan tersebut memang kerap terjadi pada orang yang menjalani diet. Sebaiknya Anda lebih berhati-hati agar diet yang telah lama dilakoni tidak percuma.

Tags: faktor penyebab obesitas penyebab gagal diet

Leave a reply "Penyebab Seseorang Kalap dengan Makanan"