Resep Diet yang Tepat untuk Ibu Menyusui

Setelah melahirkan, kebanyakan wanita ingin secepatnya menurunkan berat badan. Padahal di masa menyusui, ibu membutuhkan asupan energi lebih dari makanan-makanan yang dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan ASI si Buah hati. Karena itu, ibu menyusui perlu sekali mengetahui resep diet yang tepat untuk ibu menyusui.

Pola makan yang sehat dan gizi seimbang adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan bagi ibu menyusui. Terutama, makanan-makanan yang mengandung karbohidrat, contohnya nasi, aneka sayur dan buah untuk memenuhi kebutuhan serat dan vitamin, serta berbagai makanan berprotein tinggi seperti telur, kacang-kacangan, susu, dan berbagai produk olahannya.

Berikut adalah resep diet yang tepat untuk ibu menyusui yang bisa Anda coba tanpa khawatir akan menurunkan produksi ASI.

Selama melakukan diet sehat bagi ibu menyusui, dianjurkan untuk mengonsumsi jenis-jenis makanan berikut ini;

  • Buah-buahan

Untuk ibu menyusui yang sedang melakukan diet, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah-buahan, baik dikonsumsi secara langsung maupun dijadikan jus (tanpa gula), minimal 2 kali sehari. Contoh buah-buahan yang baik dikonsumsi adalah jeruk atau jenis buah berry. Karena jeruk banyak mengandung vitamin C untuk memasok energi dalam tubuh, sedangkan buah berry banyak mengandung vitamin dan mineral

  • Kacang/biji-bijian

Jenis kacang atau biji-bijian yang disarankan dalam resep diet yang tepat untuk ibu menyusui adalah biji-bijian yang berwarna gelap, seperti beras merah, gandum utuh, kedelai dan kacang merah. Kacang merah bukan hanya berperan sebagai sumber protein nabati tetapi juga kaya akan zat besi. Gandum utuh kaya serat dan zat besi, juga mengandung asam folat yang baik yang merupakan nutrisi penting dalam kualitas dan produksi ASI. Sedangkan beras merah juga berperan dalam penyediaan kalori dalam tubuh dan produksi ASI yang berkualitas.

  • Produk olahan susu rendah lemak

Susu dan berbagai jenis produk olahannya sperti yoghurt dan keju, mengandung tinggi protein, kalsium, dan vitamin (terutama vitamin B dan vitamin D yang berperan penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi bayi). Jadi selama diet ibu menyusui, minumlah susu sedikitnya 600 cc setiap hari, agar kebutuhan kalsium ibu dan bayi tercukupi.

  • Daging tanpa lemak

Di dalamnya mengandung protein, zat besi, serta vitamin B12 yang dapat memenuhi kebutuhan energi selama masa menyusui.

  • Ikan salmon

Di dalam ikan jenis ini, kandungan DHA yang cukup tinggi sangat penting untuk menunjang perkembangan sistem syaraf otak bayi yang akan mempengaruhi tingkat kecerdasannya kelak. Selain itu, ikan salmon juga merupakan sumber energi yang baik bagi ibu menyusui.

  • Telur

Telur adalah satu jenis makanan sumber protein yang paling mudah ditemukan. Cara mengolahnya pun cukup mudah, bisa Anda variasikan sendiri sesuai selera dan keinginan. Misalnya direbus, digoreng, dibuat orak-arik, atau dicampur dalam salad untuk menu makan Anda.

  • Sayuran hijau

Mengandung serat, zat besi, kalsium, dan berbagai jenis vitamin yang sangat dibutuhkan ibu menyusui dan bayi. Di samping itu sayuran hijau juga mengandung tinggi antioksidan dan rendah kalori sehingga baik untuk jantung.

Itulah berbagai jenis makanan yang bisa Anda konsumsi dalam resep diet yang tepat untuk ibu menyusui. Hindari menu diet ekstrim yang bisa memangkas banyak kalori hanya karena ingin berat badan turun dengan cepat namun dapat mengganggu produksi dan kelancaran ASI.

Leave a reply "Resep Diet yang Tepat untuk Ibu Menyusui"