Tips Diet Sehat Saat Puasa Ramadhan

Manfaat puasa Ramadhan begitu luar biasa. Oleh karena itu, kita harus menjalaninya selama satu bulan penuh agar bisa mendapatkan manfaat tersebut. Puasa merupakan ibadah wajib bagi umat Islam di seluruh dunia. Orang yang berpuasa harus menahan lapar dan haus dari pagi hari hingga sore hari. Selain menahan haus dan lapar, orang yang berpuasa juga harus menahan segala hawa nafsu.tps diet sehat saat puasa

Ibadah puasa yang dilakukan selama satu bulan penuh ini tentu memiliki pengaruh baik bagi diet yang dijalani. Puasa akan mempengaruhi pola makan kita jadi lebih baik dan teratur. Akan tetapi, banyak hal yang harus diperhatikan oleh pelaku diet ketika berpuasa agar usaha diet yang dijalani semakin baik.

Pada hari pertama puasa mungkin saja Anda akan mengalami rasa tidak nyaman karena sistem tubuh belum beradaptasi dengan pola makan ketika puasa. Tapi tak perlu khawatir, jika sudah berjalan beberapa hari nantinya tubuh juga akan terbiasa. Asalkan asupan gizi cukup baik ketika sahur maupun berbuka, puasa sangat baik bagi kesehatan tubuh dan diet.

Tips diet sehat saat puasa

Atur jadwal makan

Anda harus mengatur jadwal makan selama bulan Ramadhan. Orang yang berpuasa juga harus makan tiga kali seperti hari biasa, akan tetapi hanya waktunya saja yang diubah. Selain itu porsinya juga harus disesuaikan. Saat Saat sahur bisa diibaratkan waktu sarapan ketika puasa. Sedangkan untuk berbuka puasa, konsumsilan makanan ringan yang mudah dicerna, jangan langsung makan makanan berat. Anda bisa makan buah-buahan atau lainnya untuk berbuka. Sedangkan untuk makanan berat, sebaiknya dikonsumsi setelah Shaalat Maghrib. Hal ini bertujuan agar perut tidak kaget karena sudah diawali dengan makanan yang mudah dicerna.

Pilih karbohidrat kompleks

Dibanding karbohidrat biasa, karbohidrat kompleks memiliki manfaat yang lebih unggul. Makanan dengan karbohidrat kompleks sangat baik untuk diet dan bisa dikonsumsi baik saat sahur maupun berbuka. Anda bisa mendapatkan karbohidrat kompleks dari sumber makanan seperti beras merah, gandum dan biji-bijian.

Hati-hati dengan yang manis

Memang benar, berbuka puasa harus mengonsumsi yang manis. Makanan atau minuman manis dapat membuat kadar gula darah kembali stabil setelah berpuasa. Akan tetapi jangan asal manis! Lebih baik pilih makanan atau minuman dengan rasa manis alami seperti buah-buahan atau kurma, itupun porsinya tidak boleh berlebihan.

Kurangi gorengan

Makanan yang digoreng memang sangat gurih dan enak. Akan tetapi konsumsi gorengan juga tidak baik bagi tubuh karena kandungan lemaknya yang tinggi. Makanan yang digoreng bisa membuat penumpukkan lemak di dalam tubuh. Bukan berarti Anda tidak boleh makan gorengan sama sekali, akan tetapi sebaiknya perhatikan porsinya agar tidak terlalu berlebihan. Lebih baik kombinasikan masakan Anda dengan dikukus atau direbus.

Minum air putih secara berkala

Tips diet sehat saat puasa juga harus tetap minum air putih. Jangan sampai Anda kurang minum air putih hanya karena alasan puasa. Anda bisa minum air putih secara berkala sejak buka puasa hingga sahur. Untuk mensiasatinya, sediakan selalu air putih di dekat kamar tidur Anda agar ketika terbangun bisa langsung minum. Cara ini cukup efektif untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh saat bulan Puasa.

Puasa memang bisa menjadi senjata efektif untuk menurunkan berat badan. Tapi harap diingat, niatilah puasa dengan ikhlas agar bisa mendapatkan banyak manfaat. Adapun keuntungannya bagi diet hanya sebagai bonus semata. Semoga tips diet sehat saat puasa ini bisa bermanfaat.

Tags: diet sehat puasa

  1. author

    ipah kholipah2 tahun agoReply

    makanan yang manis engga bisa dihilangkan soalnya saya suka yang manis-manis 🙂 pantes ajah tubuh saya engga kurus-kurus 😀
    terimakasih infonya mba 🙂

Leave a reply "Tips Diet Sehat Saat Puasa Ramadhan"